JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan E-Book Berbasis Canva pada Pembelajaran IPAS Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Siswa SD Kelas V

Alfionita Frederika Marindo (Unknown)
Maria Yuliana Kua (Unknown)
Fransiskus Xaverius Dolo (Unknown)
Dek Ngurah Laba Laksana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Peningkatan prosedur pembelajaran sangat penting seiring berkembangnya teknologi pendidikan untuk membantu murid menginterpretasi materi pelajaran secara lebih menyeluruh. Perihal tersebut mendorong anak-anak untuk berpartisipasi dalam aktivitas pembelajaran mental dan fisik, yang membantu mereka mengembangkan ide tentang lingkungan mereka, mempertahankan motivasi, dan menjadi lebih terlibat dalam upaya akademis mereka yang semuanya pada akhirnya menaikkan kinerja akademis mereka di kelas. Perihal tersebut dilandaskan masalah di salah satu sekolah dasar Wolowio, di mana sumber belajar yang dipergunakan ialah buku teks yang disediakan perpustakaan, yang membuat anak-anak sulit menginterpretasi pelajaran yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuat buku elektronik untuk murid sekolah dasar kelas V yang berfokus pada sistem pencernaan manusia. Research and development (R&D) ialah jenis penelitian yang gunakan. Alat penilaian kuesioner dipergunakan dalam penelitian ini. Sepuluh murid sekolah dasar di kelas lima menjadi subjek penyelidikan. Dengan rata-rata persentase total balasanmuridsejumlah 95% dan persentase tanggapan instruktur mencapai 89,3%, yang keduanya tergolong sangat memungkinkan, hasil menunjukkan bahwasanya materi pembelajaran digital dalam bentuk e-book yang dihasilkantergolong sangat praktis. Perihal tersebut menggambarkan betapa cocoknya konten e-book digital yang dibuat Canva untuk topic Sistem Pencernaan Manusia untuk di pergunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...