Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan pembelajaran pembelajaran mendalam yang didukung oleh e-modul interaktif berbasis Desmos terhadap pemahaman konsep turunan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Deli Tua. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan melibatkan dua kelompok, yaitu kontrol dan eksperimen, masing-masing terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank dan Mann–Whitney U karena sebagian besar data tidak memenuhi asumsi normalitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kedua kelompok, dengan nilai p < 0,01 untuk kelas kontrol dan p < 0,001 untuk kelas eksperimen. Selain itu, uji Mann–Whitney U menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan antara hasil posttest kedua kelompok (p = 2,65 × 10⁻⁶), mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran mendalam yang didukung oleh e-modul interaktif berbasis Desmos lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep turunan. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi media interaktif dalam strategi pembelajaran bermakna dapat menjadi solusi pedagogis dalam mengatasi tantangan pembelajaran matematika yang bersifat abstrak di tingkat SMA.
Copyrights © 2025