JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Mendalam Berbantuan E-Modul Interaktif Berbasis Desmos terhadap Pemahaman Konsep Turunan

Agnes Katrina (Unknown)
Rizka Fitria Syabila (Unknown)
Iwan Martua Simbolon (Unknown)
Rafael Tampubolon (Unknown)
Budi Halomoan Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan pembelajaran pembelajaran mendalam yang didukung oleh e-modul interaktif berbasis Desmos terhadap pemahaman konsep turunan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Deli Tua. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan melibatkan dua kelompok, yaitu kontrol dan eksperimen, masing-masing terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank dan Mann–Whitney U karena sebagian besar data tidak memenuhi asumsi normalitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kedua kelompok, dengan nilai p < 0,01 untuk kelas kontrol dan p < 0,001 untuk kelas eksperimen. Selain itu, uji Mann–Whitney U menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan antara hasil posttest kedua kelompok (p = 2,65 × 10⁻⁶), mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran mendalam yang didukung oleh e-modul interaktif berbasis Desmos lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep turunan. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi media interaktif dalam strategi pembelajaran bermakna dapat menjadi solusi pedagogis dalam mengatasi tantangan pembelajaran matematika yang bersifat abstrak di tingkat SMA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...