MAHESA : Malahayati Health Student Journal
Vol 4, No 11 (2024): Volume 4 Nomor 11 (2024)

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepemilikan Aplikasi Mobile JKN pada Peserta BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Rawat Inap Ujan Mas

Angraini, Wulan (Unknown)
Pratama, Yesa Putri (Unknown)
Yanuarti, Riska (Unknown)
Kosvianti, Emi (Unknown)
Febriawati, Henni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

ABSTRACT National health insurance provides individuals with health benefits and protection to meet their basic health needs. Health insurance is provided by the government through the Social Security Administering Agency (BPJS), consisting of BPJS Employment and BPJS Health. In order to increase the efficiency of providing health services, BPJS Health introduced the JKN application. This application represents the latest technological advances aimed at increasing individual convenience in accessing services and information at high costs. The aim of the research is to test or validate research hypotheses that answer research problems, while this particular research methodology can be classified as observational research, where researchers make their own observations of variables without any treatment. The research methodology used was a cross-sectional quantitative design with a chi-square test sample of 106 people. Research findings show that there is a significant correlation between knowledge (P Value=0.000), however, there is no significant correlation between gender (P Value=0.568) and ownership of the JKN mobile application. So it can be concluded that knowledge has a relationship, while gender has no relationship with ownership of the JKN mobile application on BPJS Health participants in the UPT Ujan Mas Inpatient Health Center working are.  Keywords: BPJS, Health Services, Mobile JKN  ABSTRAK Asuransi kesehatan nasional memberi individu manfaat maupun perlindungan kesehatan untuk terpenuhinya kebutuhan kesehatan mendasar mereka. Jaminan kesehatan diselenggarakan oleh pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terdiri dari BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan. Guna meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan memperkenalkan aplikasi JKN. Aplikasi ini mewakili kemajuan teknologi terkini yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan individu dalam mengakses layanan dan informasi dengan biaya mahal. Tujuan penelitian ialah menguji maupun memvalidasi hipotesis penelitian yang menjawab permasalahan penelitian, sedangkan metodologi penelitian khusus ini dapat digolongkan sebagai penelitian observasional, dimana peneliti melakukan observasi sendiri terhadap variabel tanpa adanya perlakuan apapun. Metodologi penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif cross-sectional dengan sampel uji chi-square sebanyak 106 orang. Temuan penelitian menunjukkan adanya hasil korelasi yang signifikan antara pengetahuan (P Value=0,000) namun, tidak terdapat korelasi yang signifikan antara jenis kelamin (P Value=0,568) dengan kepemilikan aplikasi mobile JKN. Maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan memiliki hubungan, sedangkan jenis kelamin tidak memiliki hubungan dengan kepemilikan aplikasi mobile JKN pada peseta BPJS Kesehatan di wilayah kerja UPT Puskesmas Rawat Inap Ujan Mas. Kata Kunci: BPJS, Layanan Kesehatan, Mobile JKN 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAHESA

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Nursing Public Health

Description

MAHESA : Malahayati Health Student Journal, dengan nomor ISSN 2746-198X (Cetak) dan ISSN 2746-3486 (Online) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh DIII Keperawatan Universitas Malahayati Lampung. MAHESA : Malahayati Health Student Journal merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada hasil ...