Journal of Law, Administration, and Social Science
Vol 5 No 3 (2025)

Analisis strategi pemasaran perusahaan travel dalam meningkatkan konsumen pada masa libur di Kabupaten Labuhan Batu

Pane, Ricky (Unknown)
Nawawi, Zuhrinal M (Unknown)
Aslami, Nuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dalam industri jasa transportasi menuntut perusahaan travel di Kabupaten Labuhan Batu untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan daya saing dan jumlah penumpang, khususnya pada masa liburan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan travel di Kabupaten Labuhan Batu menggunakan pendekatan analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari tujuh perusahaan travel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan telah mengalami peningkatan volume penumpang dan jumlah armada, terutama pada masa libur Idul Fitri. Namun, ditemukan pula permasalahan seperti kurangnya promosi yang efektif dan pemanfaatan media sosial yang belum maksimal. Analisis SOAR membantu mengidentifikasi kekuatan internal, peluang pasar, aspirasi jangka panjang perusahaan, serta hasil yang ingin dicapai dalam pengembangan strategi pemasaran yang berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya digitalisasi promosi, peningkatan kualitas layanan, dan kolaborasi dengan sektor pariwisata sebagai langkah strategis dalam menghadapi persaingan dan meningkatkan pendapatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jolas

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Law, Administration, and Social Science merupakan media penyebarluasan hasil penelitian di rumpun ilmu sosial, ilmu politik, dan humaniora. Sub rumpun Ilmu sosial terdiri dari bidang Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Periklanan, Televisi dan Film, Manajemen Komunikasi dan ...