KINDAI : Kumpulan Informasi dan Artikel Ilmiah Manajamen dan Akuntansi
Vol 21 No 2 (2025): KINDAI

ANALISIS PEMANFAATAN TIKTOK SHOP TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM

Mayrena, Whindi Ayu (Unknown)
Anwar, Chairil (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak penggunaan TikTok Shop terhadap pertumbuhan pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap dua pelaku UKM yang aktif menggunakan TikTok Shop dalam aktivitas bisnisnya. Studi menemukan bahwa penggunaan TikTok Shop memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pendapatan bisnis kecil, denganĀ  jumlah pelanggan meningkat hingga empat kali lipat dibandingkan periode awal. Platform ini terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar di luar daerah asal dengan menyediakan konten kreatif dan fitur interaktif. Meskipun ada beberapa kendala, seperti kesulitan beradaptasi dengan pembaruan aplikasi dan memahami fitur-fitur baru, manfaatnya jauh lebih besar daripada kekurangannya dalam hal membantu para pelaku usaha kecil dan menengah mendigitalkan bisnis mereka dan memperluas pemasaran digital mereka. Studi ini juga menemukan bahwa kemampuan streaming langsung dan interaksi langsung dengan pelanggan memiliki dampak positif dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Kata kunci: TikTok Shop, UMKM, digitalisasi, pendapatan, pemasaran digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kindai

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL Kindai adalah peer-review jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pancasetia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin. Kindai pertama kali terbit dalam versi cetak pada tahun 2003 dan sejak tahun 2016 telah berubah menjadi versi online dengan OJS. ...