Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya Model Pembelajaran Asesmen Autentik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Siswa Sekolah DasarPraya Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VI yang terdiri dari 22 siswa. Sampel penelitian diambil kelas VI yang berjumlah 22 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yaitu pretes dan postes terdiri dari 4 soal uraian untuk mengukur pemahaman konsep pola bilangan siswa kelas VI. Tes pemahaman konsep pola bilangan ini dilakukan setelah kedua kelompok mendapat pembelajaran. Rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 48,45 dengan standard deviation 11,578. Setelah diberikan treatment diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 83,65 dengan standard deviation = 10,358 dan mengalami persentasi kenaikan sebesar 97%. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji Paired Sample T-Test atau uji berpasangan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig < taraf sig yaitu 0,0000 < 0,05 pada taraf signifikan 6% dan df 19. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Asesmen Autentik terhadap kemampuan pemahaman konsep pola bilangan siswa kelas VI Sekolah Dasar.
Copyrights © 2023