Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 7 No 1 (2024)

Analisis Penerapan Project Based Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Dwi Kurniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Pergantian kurikulum di Indonesia memberikan penekanan yang kuat untuk membantu siswa agar lebih bermakna. Ketika memberikan materi, pendidik harus memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk menarik minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Model Pembelajaran Berbasis Proyek adalah pendekatan pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran bermakna karena mengajarkan siswa keterampilan pemecahan masalah dan memfasilitasi penerimaan materi melalui kegiatan kompleks di mana siswa menemukan konsep sendiri dan menerapkan prinsip-prinsip yang dipelajari ke produk dunia nyata di akhir kursus. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan di sekolah dasar. Metodologi kualitatif digunakan dalam penelitian ini yang bersifat studi kasus, dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek di fase A pada pembelajaran bahasa Indonesia. Temuan penelitian ini meliputi kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek, seperti identifikasi masalah (pertanyaan), perencanaan dan desain proyek, penjadwalan proyek, pelaksanaan dan pemantauan proyek, pengujian hasil, penilaian, dan refleksi. Guru menerapkan fase-fase pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan sintaks pembelajaran berbasis proyek. Dapat disimpulkan bahwa guru mampu menerapkan pembelajaran berbasis proyek dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...