Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa serta hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2024/2025 dan mengetahui kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi, indikator kecerdasan emosional dan motivasi belajar manakah yang paling besar berkontribusi terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto bersifat korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan wawancara. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, korelasi berganda dan regresi linear berganda metode stepwise. Hasil penelitian ini mengusulkan kecerdasan emosional siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 3 Medan berdasarkan pengkategorian kecerdasan emosional yaitu tergolong sangat tinggi, motivasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 3 Medan berdasarkan pengkategorian motivasi belajar yaitu tergolong tinggi, hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 3 Medan sebesar 57% berada pada kategori rendah, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi, besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama sebesar 14,1% terhadap hasil belajar, aspek kecerdasan emosional yang sangat berkontribusi yaitu aspek memotivasi diri sendiri, aspek motivasi belajar yang sangat berkontribusi yaitu aspek kemandirian.
Copyrights © 2025