Mentraformasikan dan memberikan materi pembelajaran IPS terhadap peserta didik di zaman pesatnya globalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap peserta didik akan sejarah, budaya, dan nilai – nilai yang terkandung di dalam kearifan lokal karungut sehingga peserta didik mampu meanalisis lingkugan dan keadaan sosial di sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode literatur review yang tentu saja menggunakan teknik kepustakaan baik bersumber dari buku, e-book, serta jurnal peneliti sebelumnya yang relevan dengan judul penelitian. Dimana penulis mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan pembahasan atau penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal menunjukan bahwa nilai – nilai yang terkandung di dalam kearifan lokal karungut tentu saja sangat sejalan dengan konsep - konsep pembelajaran IPS terutama antropologi yang mana Kearifan Lokal karungut ternyata mempunyai banyak nilai- nilai seperti sejarah, budaya nilai moral dan etika bahkan nilai- nilai nasionalisme. karungut juga bisa menjadi salah satu pembelajaran yang menarik dan menyenangkan di karenakan karungut adalah pantun yang di syairkan menggunakan Bahasa Dayak ngaju dengan iringan alat musik yang berupa kecapi dan gong sehingga pembelajaran terasa menarik dan menyenangkan dan tidak membosankan. Penerapan pembelajaran kearifan lokal karungut yang di masukan ke dalam pembelajaran IPS sangat efisien karena mengingat terdapat banyak nilai-nilai yang terkandung di dalam karungut sendiri serta sekaligus bisa lebih mengenal dan menjaga kearifan lokal yang artinya peserta didik ikut berpartisipasi dalam melestarikan salah satu jati diri bangsa yaitu kearifan lokal yang tentunya masuk di dalam budaya bangsa Indonesia khsususnya seni Dayak di kalimantan tengah
Copyrights © 2025