Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 4 (2023)

Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi

Febriani, Yulia (Unknown)
Fitri, Haida (Unknown)
Rusdi, Rusdi (Unknown)
Rahmat, Tasnim (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kejenuhan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi pada Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitisn ini adalah penelitian Korelasional dan penelitian Ex-post Facto. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 25% siswa dari 171 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi Tahun Ajaran 2022/2023 yaitu sebanyak 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket kejenuhan belajar dan soal tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengujiaan persyaratan korelasi, pengujian hipotesis yang terdiri dari koefisien korelasi, persamaan regresi, koefisien determinasi dan kebermaknaan koefisien korelasi. Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil analisis korelasi yang diperoleh dari perhitungan product moment yaitu -0.526, dapat disimpulkan adanya korelasi negatif antara variabel kejenuhan belajar dengan hasil belajar. Melalui persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 115.923-0.33358X, koefisien regresi variabel kejenuhan belajar siswa (X) sebesar -0.3358 yang artinya jika kejenuhan belajar siswa meningkat sebesar 1, maka hasil belajar akan mengalami penurunan sebesar -0.3358 dengan sumbangan/determinasi variabel X terhadap variabel Y yaitu 27,67%. Hal ini berarti masih ada 73,33% lagi faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Hasil perhitungan yang diperoleh dalam pembahasan melalui uji-t diperoleh thitung = -3,960 dan ttabel = 1,683. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa –thitung < -ttabel. Hal ini berarti bahwa keputusan ujinya H0 diolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kejenuhan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi.Kata kunci: Hasil Belajar; Kejenuhan Belajar dan Matematika 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...