Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 7, No 2 (2024)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa

Kartika, Yone (Unknown)
Rusdi, Rusdi (Unknown)
Rahmi, Ulva (Unknown)
Rahmat, Tasnim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together  (NHT) terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik angket dengan instrumen yaitu lembar angket motivasi belajar matematika. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase motivasi belajar matematika pada kelas eksperimen sebesar 74% dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 63% dengan kategori cukup. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan  penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPS MAN 1 Kota Bukittinggi.Kata kunci : Motivasi Belajar, Number Head Together (NHT). 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...