Permasalahan yang ditemukan di kelas VIII SMPN 2 Batang Anai yaitu rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa menjadi acuan penelitian ini dilaksanakan. Peneliti menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing karena strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VIII SMPN 2 Batang Anai tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Batang Anai tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematika siswa yang dikumpulkan melaluiteknik tes. Berdasarkan hasil analisis tes meggunakan uji-t diperoleh dan = 1,67 sehingga diperoleh berarti ditolak dan diterima pada tarap nyata = 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “ terdapat pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai tahun pelajaran 2023/2024”.
Copyrights © 2024