Aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. Aplikasi ini memiliki banyak fitur dan insentif yang ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepatuhan perpajakan pengguna. Namun, tidak semua pengguna merasa puas dengan aplikasi ini. Beberapa pengguna mengeluhkan masalah teknis, kesalahan data, atau layanan pelanggan yang kurang responsif. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan analisis sentimen dari ulasan pengguna aplikasi SIGNAL yang tersedia di Google Play Store dengan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier. Penelitian ini juga bermaksud untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan ketidakpuasan pengguna dan rekomendasi terhadap pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan fitur yang ditawarkan. Setelah dilakukannya penelitian ini penulis berharap dapat berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang analisis sentimen dan Aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL).
Copyrights © 2024