Aplikasi Brimo dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu platform utama interaksi nasabah dengan layanan perbankan. Analisis sentimen ulasan pengguna aplikasi ini pentring untuk memahami pendapat dan menaikkan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan algoritma Naïve bayes dengan menerapkan model Smote (Synthetic Minority Over-sampling Technique) untuk menangani ketidakseimbangan kelas antara kelas positif dan negatif dalam data ulasan pengguna. Dataset yang di peroleh mencapai 1.000 ulasan Play store yang di proses melalui tahap pengumpulan, pra-pemrosesan teks, dan evaluasi menggunakan Confusion Matrix. penelitian menunjukkan bahwa metode SMOTE secara signifikan meningkatkan kinerja model, dengan recall untuk sentimen negatif meningkat dari 0,55 menjadi 0,87 dan F1-score dari 0,71 menjadi 0,84. Akurasi model juga naik dari 93% menjadi 95%, dengan pengurangan False Negatives. Temuan ini membuktikan efektivitas SMOTE dalam meningkatkan akurasi dan representasi model untuk memahami opini pengguna BRImo secara lebih baik.
Copyrights © 2025