Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal
Vol. 10 No. 2 (2023)

Pemahaman Ekoliterasi terhadap Peserta Didik Kelas X – IPA 1 di SMAN 2 Majalaya

Agustina, Tina (Unknown)
Maryani, Enok (Unknown)
Yani, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

AbstrakEkoliterasi penting untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran karena peserta didik memiliki peran sebagai agen yang mengembangkan pengetahuan, wawasan, sikap dan perilaku berkelanjutan di masyarakat (agent of change), agen yang memiliki kesadaran kondisi alamnya dan agen yang dapat menerapkan ekoliterasi dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik akan ekoliterasi diukur dengan pengetahuan, sikap, kesadaran dan partisipasi siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan kuisioner dan observasi, sampelnya adalah siswa kelas X IPA 1 di SMAN 2 Majalaya. Hasil penelitian peserta didik akan ekoliterasi menunjukkan bahwa pengetahuan cukup baik, kesadaran cukup baik, sikap tanggap terhadap lingkungan cukup baik, sikap isu lingkungan sangat khawatir dan partisipasi sedang.Kata Kunci:  Ekoliterasi, Pemahaman, Kesadaran, Sikap, Partisipasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SOSIO-FITK

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Sosio Didaktika: Social Science Education Journal publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, master students’ theses research, and doctoral students’ dissertations research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and analysis contained ...