Artikel ini membahas strategi pembelajaran berbasis e-book interaktif flipbooks di MTs Al-Mumtaz Palangka Raya. Latar belakang penelitian yaitu bedasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa Guru hanya menggunakan satu buku paket sebagai bahan ajar sehingga siswa hanya sering kesulitan dalam memahami materi pembelajaran SKI. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran atau bahan ajar berupa e-book pembelajaran interaktif flipbooks dan mengetahui strategi pembelajaran menggunakan e-book pembelajaran interaktif flipbooks. Penelitian ini menerapkan Research and Development (R&D) dengan model waterfall, yang meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Data di kumpulakan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi lalu di analisis menggunakan tri anggulasi sumber. Penelitian ini melibatkan guru mata pelajaran SKI serta siswa kelas VIII di MTs al-mumtaz Palangka Raya. sebagaimana tujuan penelitian maka kesimpulan dan temuan dalam peneltian ini adalah bahan ajar flibooks yang telah dikembangkan cocok digunakan dengan strategi pembelajaran ekspositori. penggunaan flipbooks dengan strategi ekspositori dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, terlebih bagi siswa yang memiliki kesulitan dalam menangkap dan memahami materi. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi sekolah-sekolah dengan keterbatasan sarana dan prasarana, serta memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan di era digital.
Copyrights © 2025