Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reframing untuk mengubah sudut pandang negatif siswa terhadap guru bimbingan konseling kelas VII Mts Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengubah sudut pandang negatif siswa terhadap guru bimbingan konseling menjadi lebih positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian adalah 8 orang siswa kelas VII yang memiliki sudut pandang negatif terhadap guru bimbingan konseling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengunakan teknik observasi dan wawancara siswa-siswi yang bersangkutan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reframing untuk mengubah sudut pandang negatif siswa terhadap guru bimbingan konseling sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat karena siswa sudah mampu menerapkan dan mengubah sudut pandang negatifnya terhadap guru bimbingan konseling menjadi lebih positif, sehingga mereka sering berdiskusi maupun berkonsultasi dengan guru bimbingan konseling.
Copyrights © 2023