Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Vol. 14 No. 2 (2025): Oktober, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

D.R.A. Sihotang (Unknown)
Elfitra (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva yang dirancang untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematis pada materi statistika. Dalam penelitian ini digunakan metode pengembangan berbaiss model ADDIE, yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian mencakup 32 siswa yang berasal dari kelas X-FKK 1 di SMK Negeri 3 Medan. Temuan penelitian ini mengindikasi bahwa media yang dirancang telah memenuhi standar kelayakan yang ditentukan berikut: (1) Validitas media berada pada kategori sangat valid, berdasarkan penilaian ahli media sebesar 90,9% dan ahli materi sebesar 91,4%; (2) Kepraktisan media dinilai sangat praktis oleh guru (92,5%) dan siswa (85,9%); (3) Keefektifan media ditunjukkan melalui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,51 yang termasuk kategori sedang. Selain itu, respons positif siswa terhadap penggunaan media mencapai 96,1%, menunjukkan bahwa media ini diterima dengan sangat baik oleh peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...