SPEED: Journal of Special Education
Vol. 8 No. 2 (2025): SPEED: Journal Of Special Education

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Materi Pecahan Berbantuan Alat Peraga Benda Konkret Pada Siswa Berkesulitan Belajar Kelas 3A SD Al-Irsyad Surakarta

Tama, Chaesar Dewa (Unknown)
Zainuddin, Almuntaqo (Unknown)
Dibrita, Mega (Unknown)
Prihantono, Agus Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berkesulitan belajar kelas IIIA SD Al-Irsyad Surakarta tahun pelajaran 2023/2024 dalam materi pecahan berbantuan alat peraga benda konkret. Penelitian ini mcnggunakan Penelitian tindakan kelas ditempuh secara bertahap. Tahapan tersebut meliputi tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan atau tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Tahapan tersebut disusun dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pada siswa, observasi, dan studi dokumentasi terhadap jurnal dan catatan hasil diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas IIIA SD Al-Irsyad Surakarta, dapat ditingkatkan melalui bantuan alat peraga benda-benda konkret. Telah dibuktikan pada akhir siklus II perolehan hasil tes formatif yang diperoleh siswa di akhir pembelajaran pada siklus II yang telah mencapai rata-rata 8,5 dengan persentase ketuntasan belajar 95 %. Dari 22 siswa hanya 5 % saja yang tidak tuntas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...