Jurnal Pedagogik
Vol 5, No 1 (2015)

PENINGKANAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN STRATEGI MODELING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI INPRES LABUHA

Samsu Somadayo (FKIP UNIV.KHAIRUN)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian  tindakan kelas (PTK) atau (CAR) yang bersifat parsitipatori-kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan desain mengacu pada model Kemis dan Tagggaer yang meliputi: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi.. Data proses berupa aktivitas guru dan siswa selama tindakan pembelajaran berlangsung. Untuk memperoleh data dimaksud peneliti berperan sebagai instrumen utama, dan instrumen penunjang. Instrumen penunjang berupa pedoman pengamatan, wawancara, dan catatan lapangan. Data hasil adalah hasil kegiatan  menulis deskipsi  siswa dengan menggunakan strategi yang diperoleh pada setiap akhir pembelajaran yang meliputi, (1) kesesuaian judul dengan topik isi karangan, (2) penggunaan dan penulisan ejean, (3) pilihan kata dan struktur kalimat, (4) kepaduan antarkalimat dan antarparagraf, (5) kerapian tulisan, dan (6) bentuk karangan. Sumber data adalah pengembangan teknik skimming dan scanning dalam pembelajaran membaca pemahaman di kelas V SD Inpres Labuha. Objek penelitian adalah guru/praktisi dan siswa kelas V yang berjumlah 6 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data yang dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi serta penyimpulan data. Untuk menjaga keabsahan data dilaksanakan  diskusi dengan teman sejawat.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pedagigk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pedagogik adalah Jurnal Pendidikan yang Berorientasi pada Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah ...