Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Salatiga, dengan fokus pada materi bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data diperoleh melalui observasi dan tes yang mengukur kemampuan awal dan kemajuan peserta didik selama siklus. Pada siklus pertama, hasil belajar peserta didik meningkat dari rata-rata 50 pada tahap pra-siklus menjadi 80,1, dengan 81% peserta didik mencapai standar kelulusan minimal (KKM ≥ 78). Pada siklus kedua, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 83,3, dengan 84% peserta didik memenuhi KKM. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep bilangan bulat, serta mampu meningkatkan hasil belajar secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi penerapan pendekatan TaRL dalam konteks pendidikan matematika di tingkat SMP khususnya pada materi bilangan bulat, dan dapat menjadi acuan bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.
Copyrights © 2024