Pendidikan dan kebudayaan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Ada hubungan antara matematika dan budaya yang disebut etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis etnomatematika Candi Borobudur materi bangun ruang sisi lengkung yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa yang memenuhi kriteria valid. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan jenis penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Modul pembelajaran ini diujicobakan pada kelas IX SMP N 1 Mijen dengan jumlah siswa yaitu 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan validitas media dan materi yang diuji oleh 2 orang validator memperoleh persentase media sebesar 89% dan materi sebesar 93% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis etnomatematika yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa valid untuk digunakan.
Copyrights © 2024