PENA SAINS
Vol 4, No 1 (2017): JURNAL PENA SAINS

PENGEMBANGAN E-LEARNING FISIKA MENGGUNAKAN PHET (PHYSICS EDUCATIONAL TECHNOLOGY) PADA MATERI POKOK DINAMIKA GERAK LURUS BERBASIS KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS

Zainudin zainudin (Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bangkalan Madura)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-learning fisika menggunakan PhET (Physics Educational Technology) berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi pokok dinamika gerak lurus. Kelebihan PhET antara lain memiliki aktivitas perkuliahan (lecture), aktivitas kelompok (group activities), aktivitas pekerjaan rumah (homework activities), dan aktivitas laboratorium (laboratory activities). Pengembangan e-learning fisika pada penelitian ini mengikuti langkah-langkah research and development (RD) yang terdiri dari tahap analisis, desain (design), pengembangan (develop) dan implementasi. Tahap analisis yaitu identifikasi potensi dan masalah pembelajaran fisika dasar, karakteristik mahasiswa dan analisis tugas. Tahap desain yaitu blueprint e-learning fisika menggunakan simulasi PhET sebagai acuan mengembangkan perkuliahan antara lain menentukan tujuan pembelajaran sesuai kurikulum KKNI, memilih strategi pembelajaran (aktivitas perkuliahan, aktivitas tugas kelompok, aktivitas pekerjaan rumah, aktivitas laboratorium) media dan penilaian. Tahap pengembangan perangkat e-learning fisika antara lain RPS, SAP, modul fisika dasar materi pokok dinamika gerak lurus, dan Lembar Penilaian keterampilan berpikir kritis. Perangkat e-learning fisika divalidasi oleh dosen pendidikan fisika. Hasil validasi SAP, modul fisika dan lempar penilaian keterampilan berpikir kritis memiliki kategori sangat layak digunakan dallam pembelajaran. Tahap implementasi yaitu ujicoba e-learning fisika menggunakan PhET pada mahasiswa prodi pendidikan matematika STKIP PGRI Bangkalan semester I tahun ajaran 2016-2017, keterlaksanaan SAP dalam pembelajaran memiliki kategori baik, indikator keterampilan berpikir kritis mahasiswa meningkat dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning fisika menggunakan PhET positif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

penasains

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pena Sains (p-ISSN: 2407-2311) (e-ISSN: 2527-7634) is published by Natural Science Education Study Program, University of Trunojoyo Madura as a medium to improve the creativity of lecturer, academics, practitioners, researchers, relating to the science education and science. The journal is ...