Transformasi digital dalam bidang kesehatan mendorong rumah sakit untuk menggunakan teknologi demi meningkatkan efisiensi layanan. Salah satu inovasi utama adalah Platform Registrasi Mandiri (APM), yang memungkinkan pasien untuk mendaftar sendiriTujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana pasien merasa puas dan menerima APM. di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menerapkan pendekatan analitik kuantitatif dengan desain potong lintang, melibatkan 400 responden yang diambil melalui teknik pengambilan sampel acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang telah melalui pengujian validitas dan reliabilitas, serta dianalisis dengan regresi logistik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel tampilan, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Di sisi lain, persepsi kegunaan, sikap, dan niat memberikan pengaruh signifikan terhadap penerimaan pasien terhadap APM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan APM dapat meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pasien apabila faktor-faktor penting diperhitungkan. Hasil ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk rekomendasi dalam pengembangan layanan digital rumah sakit guna meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan pasien.
Copyrights © 2025