Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aksesibilitas dan daya tanggap terhadap kepuasan konsumen di Indomaret Unit Asrama Ringroad Medan, menggunakan metode kuantitatif dengan Regresi Linear Berganda dan melibatkan 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tanggap memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sementara aksesibilitas tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan secara statistik. Kedua variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan kontribusi sebesar 16,7%, sedangkan 83,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan agar manajemen Indomaret memprioritaskan peningkatan aspek daya tanggap melalui pelatihan karyawan yang lebih intensif, melakukan kajian lebih lanjut mengenai faktor aksesibilitas, serta untuk penelitian selanjutnya disarankan memperluas cakupan dengan menambahkan variabel lain seperti kualitas produk, harga, dan variasi barang.
Copyrights © 2025