Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen
Vol. 13 No. 1 (2025): Februari

Pengaruh Efektivitas dan Efisiensi Proses Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Indomaret Cabang Amplas

Muhammad Rido (Unknown)
Siti Wardah Pratidina (Unknown)
Riny Viri Insy Sinaga (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektivitas pelayanan dan efisiensi pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Indomaret Cabang Amplas dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan Regresi Linear Berganda sebagai analisisnya. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Efisiensi Pelayanan (0,401) memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap Kepuasan Konsumen dibandingkan dengan Efektivitas Pelayanan (0,037). Hasil uji t menunjukkan bahwa hanya variabel Efisiensi Pelayanan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, sementara Efektivitas Pelayanan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan dalam model regresi ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel independen (Efisiensi Pelayanan dan Efektivitas Pelayanan) secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (Kepuasan Konsumen). Model ini menjelaskan sekitar 16,8% variasi dalam Kepuasan Konsumen. Meskipun signifikan (berdasarkan hasil uji F sebelumnya). Mengingat efisiensi pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, disarankan untuk lebih memprioritaskan dan meningkatkan aspek ini. Perusahaan atau organisasi dapat mengidentifikasi dan mengoptimalkan proses-proses yang berkaitan langsung dengan efisiensi pelayanan. Meskipun efektivitas pelayanan tidak menunjukkan pengaruh signifikan dalam penelitian ini, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memahami mengapa hal ini terjadi. Mungkin diperlukan redefinisi atau pengukuran ulang konsep efektivitas pelayanan yang lebih relevan dengan konteks spesifik organisasi. Mengingat model hanya menjelaskan sebagian kecil variasi dalam kepuasan konsumen, disarankan untuk mengidentifikasi dan meneliti faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi kepuasan konsumen. Ini bisa mencakup aspek seperti kualitas produk, harga, atau faktor emosional konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ilman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen p-ISSN 2355-1488, e-ISSN 2615-2932 is a peer-reviewed open-access journal. The journal invites scientists throughout the world to exchange and disseminate in the areas of HR and Organizational Management, Financial Management, Marketing Management, and other ...