Likhitaprajna: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana Malang
Vol 27 No 2 (2025): September 2025

MENGGALI KARAKTERISTIK PROFESIONALISME GURU UNGGUL DI ERA DIGITAL

Munawir, Munawir (Unknown)
Qothrunnada, Ardelia Nasywa (Unknown)
Maulidiah, Fina Aisya (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2025

Abstract

Profesionalisme guru merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali karakteristik profesionalisme guru yang relevan dengan tuntutan era digital. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan menggunakan analisis konten. Jurnal ini hasil dari pengumpulan data melalui buku, artikel jurnal terkait, dan dari media cetak maupun media online lainnya. Langkah awal melibatkan pengumpulan artikel-artikel yang relevan dari jurnal-jurnal internet dan sumber-sumber terpercaya lainnya kemudian dianalisis untuk mencari kerelavanan materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru dapat didefinisikan sebagai kemampuan guru untuk mengelola proses pembelajaran yang efektif, memahami kebutuhan siswa, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan. Karakteristik guru profesional meliputi kemampuan mengajar, kemampuan memahami siswa, dan kemampuan mengembangkan diri. Di era digital, guru perlu memiliki ciri-ciri seperti fleksibilitas, kreativitas, dan kemampuan menggunakan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. Kompetensi guru di era digital meliputi kemampuan menggunakan teknologi, kemampuan mengembangkan bahan ajar digital, dan kemampuan mengelola kelas virtual. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan profesionalisme guru di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

likhitapradnya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Likhitaprajna merupakan jurnal open access yang dipublikasikan dua kali setahun dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wisnuwardhana Malan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian atau kajian teori tentng pendidikan dan ...