Salimiya : Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam
Vol. 6 No. 1 (2025): Salimiya

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SEKOLAH DASAR: APPLICATION OF PROJECT-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS' UNDERSTANDING IN ELEMENTARY SCHOOLS

Sri Masruroh (Unknown)
Abu Zaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa menjadi alasan penelitian ini dilakukan tentang materi simbol gambar dan kekurangan penggunaan model pembelajaran oleh guru di dalam kelas sehingga menjadikan siswa menjadi tidak terlalu aktif dan tidak terlalu banyak terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi simbol gambar melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siswa kelas III MI Plus Bustanul Ulum, yang berjumlah 18 orang, adalah subjek penelitian. Penilaian proyek dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan pada awal pembelajaran (Prasiklus) menunjukkan hasil belajar yang sangat buruk, dengan rata-rata 51,33 dan persentase 11,11%. Hasil belajar mulai meningkat pada siklus pertama, dengan nilai rata-rata 74,83 dan persentase 61,11%. Mereka juga meningkat lagi di siklus kedua, dengan nilai rata-rata 89,22 dan presentase 88,88%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

salimiya

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Salimiya: Jurnal Ilmu Keagamaan Islam is a four annually published journal in March, Juni, September, and December. It covers various issues on the Islamic studies within such number of fields as Islamic education, Islamic thought, Islamic law, political Islam, and Islamic economics from social and ...