Kurangnya pemahaman siswa menjadi alasan penelitian ini dilakukan tentang materi simbol gambar dan kekurangan penggunaan model pembelajaran oleh guru di dalam kelas sehingga menjadikan siswa menjadi tidak terlalu aktif dan tidak terlalu banyak terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi simbol gambar melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siswa kelas III MI Plus Bustanul Ulum, yang berjumlah 18 orang, adalah subjek penelitian. Penilaian proyek dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan pada awal pembelajaran (Prasiklus) menunjukkan hasil belajar yang sangat buruk, dengan rata-rata 51,33 dan persentase 11,11%. Hasil belajar mulai meningkat pada siklus pertama, dengan nilai rata-rata 74,83 dan persentase 61,11%. Mereka juga meningkat lagi di siklus kedua, dengan nilai rata-rata 89,22 dan presentase 88,88%.
Copyrights © 2025