Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)
Vol 9 No 2 (2024): Agustus 2024: Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE)

Pengaruh Social Media Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian melalui Keterlibatan Konsumen

Kuwatno (Unknown)
Zaini Abdullah, Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media marketing tiktok terhadap keputusan pembelian online shopee melalui keterlibatan konsumen. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa prodi manajemen angkatan 2023 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNISS Kendal yang berjumlah 250 mahasiswa. Sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling, hanya mahasiswa yang asli dari Kota Kendal yang merupakan pengguna aplikasi Tiktok dan Shopee yang dipilih untuk memenuhi karakteristik dalam penelitian ini. Berdasarkan kriteria yang menjadi sampel adalah 100 mahasiswa. Alat analisis data menggunakan SmartPLS 4.0.9.8. Media sosial marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (koefisien 0,233, P-Value 0,000 < 0,055). Keterlibatan konsumen memediasi hubungan antara media sosial marketing dan keputusan pembelian. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media sosial marketing terhadap keputusan pembelian melalui keterlibatan konsumen. Media sosial marketing terbukti efektif dalam mendorong keputusan pembelian konsumen, dengan keterlibatan konsumen sebagai faktor mediasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbe33

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/about Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) is a scientific journal in the field of economics which is published by the Publishing Division of Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang. Jurnal Bingkai Ekonomi is a scientific journal to publish and ...