Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media marketing tiktok terhadap keputusan pembelian online shopee melalui keterlibatan konsumen. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa prodi manajemen angkatan 2023 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNISS Kendal yang berjumlah 250 mahasiswa. Sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling, hanya mahasiswa yang asli dari Kota Kendal yang merupakan pengguna aplikasi Tiktok dan Shopee yang dipilih untuk memenuhi karakteristik dalam penelitian ini. Berdasarkan kriteria yang menjadi sampel adalah 100 mahasiswa. Alat analisis data menggunakan SmartPLS 4.0.9.8. Media sosial marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (koefisien 0,233, P-Value 0,000 < 0,055). Keterlibatan konsumen memediasi hubungan antara media sosial marketing dan keputusan pembelian. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media sosial marketing terhadap keputusan pembelian melalui keterlibatan konsumen. Media sosial marketing terbukti efektif dalam mendorong keputusan pembelian konsumen, dengan keterlibatan konsumen sebagai faktor mediasi.
Copyrights © 2024