Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pendekatan Holistik Dalam Penciptaan Logo Produk Melalui Integrasi Socio-Technical Systems dan Design Thinking

Retnowati, Retnowati (Unknown)
Anjarsari, Vici Tiara (Unknown)
Wahyudi, Eko Nur (Unknown)
Mukti, Artin Bayu (Unknown)
Hardiyanti, Widhian (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengintegrasikan pendekatan Socio-Technical Systems (STS) dan Design Thinking untuk menciptakan logo produk minuman herbal yang holistik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Proses desain dimulai dengan tahap Empathize untuk memahami preferensi visual, nilai-nilai konsumen, dan kebutuhan informasi tentang produk alami. Tahap berikutnya melibatkan pengembangan konsep kreatif melalui brainstorming di tahap Ideate, diikuti dengan pembuatan prototipe yang diuji dalam berbagai media pada tahap Prototype. Pengujian logo dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur kegunaan dan kepuasan pengguna terhadap logo yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi STS dan Design Thinking secara efektif menghasilkan logo yang relevan secara estetika, fungsional, dan diterima oleh audiens target. Pendekatan ini dapat digunakan dalam proyek desain lain yang memerlukan keseimbangan antara elemen sosial dan teknis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...