Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Keefektifan PowerPoint pada Kemampuan Berhitung dan Mengenalkan Geometri Anak Usia 5-6 tahun

Herawati, Novi (Unknown)
Ilham Prahesti, Swantyka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Keterampilan berhitung dan mengenal bentuk geometri merupakan bidang studi yang memfokuskan pada angka, bentuk, dan konsep-konsep dari yang nyata hingga yang abstrak. Studi ini bertujuan untuk merangsang kemampuan berpikir anak usia dini, memungkinkan mereka mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berhitung dan mengenal geometri anak juga bisa mengenal literasi angka dasar untuk mempersiapkan anak ke jenjang yang berikutnya. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk; menganalisis sejauh mana efektivitas penerapan media pembelajaran berupa presentasi Power point terhadap perkembangan kemampuan berhitung dan memperkenalkan konsep geometri kepada anak. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan kemampuan mengenalkan konsep berhitung dan bentuk geometri pada anak. Anak-anak kini dapat mengingat kembali pelajaran yang diberikan guru dengan mengungkapkan ide-ide kreatif melalui aktivitas bermain game. Bagi Peneliti Berikutnya, Temuan penelitian ini diinginkan dapat berfungsi sebagai motivasi untuk peneliti berikutnya agar melakukan kajian mendalam terhadap materi pembelajaran berbasis Power point yang menjawab permasalahan tantangan dalam kerangka pendidikan bagi anak-anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...