Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 5 No. 10 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia

Keefektifan Flipped Classroom Berbasis Molview Terhadap Penguasaan Konsep Kimia, Keterampilan Kolaborasi, dan Berpikir Kritis Siswa di SMAK Tunas Harapan Bogor

Pasaribu, Sufriana Winda (Unknown)
Purbojo, Rijanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Keterampilan abad 21 merupakan hal yang penting dalam pekerjaan di masa mendatang termasuk keterampilan kolaborasi dan keterampilan bepikir kritis. Hal tersebut berkaitan kemampuan penguasaan konsep dengan kompleksitas dan representasi kimia. Hal tersebut mendorong guru sebagai pendidik memikirkan metode pengajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat keefektifan penerapan flipped classroom berbasis molview terhadap penguasaan konsep kimia, keterampilan kolaborasi, dan berpikir kritis siswa kelas X dalam mata pelajaran kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain one-group pretest-posttest dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Responden pada penelitian terdiri atas 48 siswa kelas X di SMAK Tunas Harapan Bogor. Data yang terkumpul dianalisis mengguakan uji Wilcoxon Signed-Rank dengan menggunakan JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan flipped classroom berbasis molview dapat meningkatkan penguasaan konsep kimia siswa dengan tingkat efektivitas tinggi, 2) penerapan flipped classroom berbasis molview dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dengan tingkat efektivitas sedang, 3) penerapan flipped classroom berbasis molview dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan tingkat efektivitas sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...