Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 5 No. 11 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia

Analisis Kebijakan Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Muhammadiyah PK Wonosegoro

Widyawati, Dewi (Unknown)
Rahmawati, Huzdaeni (Unknown)
Ulum, Fira Miftahul (Unknown)
Sarastiti, Indah (Unknown)
Mumtaazah, Jihaan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan sikap disiplin anak sekolah dasar melalui kegiatan shalat dhuha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan wawancara mendalam pada anak sekolah dasar kelas III dan guru pendamping guna untuk memperoleh gambaran yang lengkap dan utuh tentang perubahan sikap disiplin peserta didikkelas 3 di SD Muhammadiyah PK Wonosegoro. Data diolah dan dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa ada peningkatan kesadaran peserta didik dalam memahami waktu untuk melaksanakan shalat dhuha, hal-hal apa saja yang harus dihindari saat melaksanakan shalat dhuha, dan peserta didik juga memahami tugasnya seperti bergilir untuk menjadi imam serta surah yang harus dibaca tanpa arahan dari guru lagi. Selain itu, peserta didik juga tidak ada lagi yang berangkat terlambat, semuanya bisa hadir sebelum pukul 07.00 pagi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...