Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pelatihan Literasi Numerasi Anak SD dengan Metode Kolaboratif Meningkatkan Kemampuan Siswa Secara Signifikan

Hamidah, Ida Siti (Unknown)
Purnama, Zulfah rizka (Unknown)
Hermin, Hermin (Unknown)
Tukan, Kristina (Unknown)
Wuwute, Jackson (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektivitasan metode atau cara kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa di Sekolah Dasar. Literasi dan Numerasi, yang didalamnya mencakup pemahaman dan kemampuan siswa dalam menguasai baca, tulis dan hitung dalam pembelajaran di sekolah. Hal ini menjadi salah satu keterampilan fundamental yang harus dikuasai sejak pembelajaran di SD. Penelitian ini dilakukan di SD YPK Silo Sisir, Distrik Saifi Kabupaten Sorong Selatan dengan melibatkan siswa kelas I sampai kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kolaboratif dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi dan numerasi siswa secara signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...