Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengaruh Perceived Organizational Support dan Work Stress Terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Work Engagement Sebagai Variabel Mediasi pada Guru di Yayasan Barunawati Biru Surabaya

Fadian, Bambang (Unknown)
Lindawati, Tuty (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Perubahan kurikulum, meningkatnya keberagaman di kelas, hingga kemajuan teknologi pendidikan yang semakin pesat memerlukan adaptasi dan penyesuaian dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived organizational support dan work stress terhadap organizational citizenship behavior dengan work engagement sebagai variabel mediasi pada guru di Yayasan Barunawati Biru Surabaya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah survei, yaitu dengan membagikan kuesioner kepada guru di Yayasan Barunawati Biru Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah guru jenjang SD, SMP, SMA, & SMK baik berstatus guru tidak tetap maupun guru tetap yayasan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 101 responden. Peneliti menggunakan PLS (Partial Least Square) sebagai metode analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived organizational support berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior, work stress berpengaruh negatif terhadap organizational citizenship behavior, work engagement berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior, perceived organizational support berpengaruh positif terhadap work engagement. work stress berpengaruh negatif terhadap work engagement, perceived organizational support berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior dengan dimediasi oleh work engagement, work stress memiliki pengaruh negatif terhadap organizational citizenship behavior dengan dimediasi oleh work engagement

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...