Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Kinerja Inseminator dalam Mendukung Keberhasilan Program Nasional Sikomandan

Nurmala, Ludi (Unknown)
Yurisinthae, Erlinda (Unknown)
Kusrini, Novira (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja petugas inseminator di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang untuk mendukung keberhasilan Program Nasional SIKOMANDAN Penetapan responden dilakukan secara purposive sampling terhadap inseminator IB di seluruh Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang. Data diperoleh dari hasil wawancara, catatan dari para inseminator dan informasi dari instansi terkait. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan multiple regression dilanjutkan dengan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling berperan. Hasil analisis menunjukkan bahwa keberhasilan inseminasi buatan di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara sudah baik, hal ini dapat dilihat dari nilai S/C per inseminator sebesar 1,99. Hasil analisis korelasi sederhana menunjukan bahwa faktor psikologis dan teknis berpengaruh nyata (sig<0,05) terhadap kinerja inseminator dan faktor individu dan organisasi tidak berpengaruh nyata (sig.>0,05) terhadap kinerja inseminator. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kinerja inseminator lebih bergantung pada dukungan sistemik, infrastruktur yang memadai, dan kemampuan teknis yang diperoleh melalui pelatihan berkelanjutan, dibandingkan dengan karakteristik individual atau insentif organisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...