Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Levers of Control, Inovasi Manajemen dan Kinerja Organisasi

Chandra, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem pengendalian manajemen yang terdiri dari kontrol enabling dan kontrol constraining terhadap kinerja organisasi serta inovasi manajemen pada perusahaan alat berat dan truk yang beroperasi di Kalimantan Utara. Sistem pengendalian manajemen yang melibatkan kontrol enabling yang mendorong kreativitas dan pengembangan organisasi, serta kontrol constraining yang memberikan batasan untuk memastikan operasi yang efisien, dianalisis untuk melihat dampaknya terhadap inovasi manajemen dan kinerja organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui survei kepada 57 pengawas pada 10 perusahaan yang relevan. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol enabling memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja organisasi, sedangkan kontrol constraining, baik melalui sistem batasan maupun pengendalian diagnostik, berpengaruh negatif terhadap kinerja organisasi, meskipun sistem pengendalian diagnostik berperan positif dalam mendorong inovasi manajemen. Temuan ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja organisasi, perusahaan perlu memanfaatkan kontrol enabling secara lebih intensif, sambil mempertimbangkan penerapan sistem pengendalian diagnostik yang dapat mendukung inovasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...