Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 5 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Korelasi Karakteristik Individu dan Pemahaman Literasi Keuangan Serta Pengaruhnya Terhadap Profil Risiko Individu Dalam Berinvestasi

Hafidzoh, Qonitatun (Unknown)
Irwansyah, Muh Zuhdi (Unknown)
Hanggraeni, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih menunjukkan kesenjangan yang signifikan dibandingkan dengan tingkat inklusi keuangan, berpotensi menyebabkan keputusan investasi yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik individu—seperti usia, pendidikan, dan penghasilan—dengan pemahaman literasi keuangan serta pengaruhnya terhadap profil risiko investasi. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 111 responden investor di Indonesia yang dipilih secara purposive. Instrumen kuesioner dikembangkan berdasarkan indikator literasi keuangan dari Remund (2010) dan Widayat (2010), kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis dilakukan menggunakan korelasi Pearson dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia dan tingkat pendidikan tidak memiliki korelasi signifikan terhadap literasi keuangan, sedangkan penghasilan menunjukkan korelasi positif signifikan (r = 0,2194; p < 0,05). Literasi keuangan juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap profil risiko investasi individu (r = 0,416; p < 0,01). Temuan ini menegaskan bahwa faktor ekonomi, bukan demografis, lebih menentukan tingkat pemahaman literasi keuangan dan strategi investasi individu. Implikasi praktisnya, perlu adanya program literasi keuangan yang disesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat, serta integrasi pendidikan finansial dalam kurikulum formal dan layanan edukasi oleh lembaga keuangan. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam pemetaan hubungan literasi keuangan dengan profil risiko investor di pasar modal Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...