Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 5 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Darurat Pengaturan Terkait Kewajiban Notaris Melakukan Penelusuran Kebenaran Materiil dalam Pembuatan Akta

Demille, Martin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Kewenangan Notaris untuk membuat akta autentik sering disalahgunakan untuk membuat akta yang mengandung kepalsuan. Kepalsuan ini terjadi karena Notaris hanya dibebankan kewajiban untuk menelusuri kebenaran formil. Hal ini berbahaya apabila akta Notaris dengan kekuatan sempurnanya disalahgunakan untuk tindak pidana pemalsuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap penyalahgunaan akta Notaris, mengevaluasi kekurangan dalam tanggung jawab Notaris, serta memberikan rekomendasi untuk memperbaiki kerangka hukum guna mencegah penipuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif-empiris dengan studi kepustakaan dan wawancara dengan Notaris dan Kepolisian. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga faktor yang menyebabkan daruratnya pengaturan kewajiban Notaris untuk menelusuri kebenaran materiil dalam pembuatan akta, yakni kesempurnaan akta Notaris, kurangnya kehati-hatian formil, dan keterlibatan Notaris dalam tindak pidana pemalsuan akta. Solusi untuk menangani masalah kepalsuan akta ini adalah dengan mewajibkan Notaris menelusuri kebenaran materiil, melalui pengaturan dalam UUJN dengan rumusan pasal yang berbunyi: "Bertindak saksama dengan menelusuri kebenaran formil dan kebenaran materiil terhadap setiap keterangan dan dokumen yang diberikan oleh penghadap."

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...