Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 5 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengaruh Motivasi Intrinstik, Kompetensi dan Komitmen Afektif terhadap Kinerja

Eithan, Revan Gabe (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Fenomena menurunnya kualitas kinerja pegawai ASN masih menjadi tantangan serius di lingkungan pemerintahan, termasuk di Kantor Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung. Permasalahan utama terletak pada rendahnya motivasi intrinsik, komitmen afektif, dan kompetensi pegawai yang berpotensi menurunkan produktivitas dan pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi intrinsik, komitmen afektif, dan kompetensi terhadap kinerja pegawai ASN di Kantor Kecamatan Sumur Bandung. Data dikumpulkan dari 39 responden melalui kuesioner yang disebarkan secara langsung dan dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Motivasi intrinsik merupakan variabel yang paling dominan memengaruhi kinerja, diikuti oleh kompetensi dan komitmen afektif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan perlunya penguatan motivasi internal, pengembangan kapasitas profesional, dan peningkatan rasa memiliki terhadap organisasi guna menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan berkelanjutan. Rekomendasi diarahkan kepada pimpinan agar merancang kebijakan peningkatan kinerja yang fokus pada aspek motivasional, pelatihan kompetensi, dan pembentukan budaya kerja kolaboratif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...