Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 5 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Transformasi Digital Di Desa Karangsari: Solusi Untuk Peningkatan Pelayanan Dan Ekonomi Lokal

Abdurokhim, Abdurokhim (Unknown)
Sudrajat, Sudrajat (Unknown)
Viani, Adelia Marta (Unknown)
Anggraeni, Riska (Unknown)
Dewi , Dila Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Transformasi digital di desa menjadi isu penting dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan perekonomian lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi digital di Desa Karangsari sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendukung pengembangan ekonomi lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam, angket, dan observasi partisipatif untuk mengumpulkan data dari masyarakat, pelaku UMKM, dan aparat desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Desa Karangsari memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan kerajinan lokal, tingkat adopsi teknologi digital di desa ini masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya infrastruktur digital yang memadai, keterbatasan pengetahuan, serta rendahnya keterampilan digital masyarakat dan pelaku UMKM. Sektor pertanian dan UMKM, meskipun memiliki potensi untuk berkembang melalui digitalisasi, belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing. Penelitian ini juga menemukan bahwa sistem pelayanan publik berbasis digital belum optimal digunakan oleh masyarakat, karena masih banyak yang memilih cara tradisional dalam mengakses layanan desa. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan pengembangan model digitalisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal, peningkatan infrastruktur digital, serta pelatihan berkelanjutan bagi masyarakat dan pelaku UMKM. Dengan demikian, transformasi digital di Desa Karangsari dapat mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik dan pengembangan ekonomi lokal, yang pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...