Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 6 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Analisa Perbandingan Laporan Keuangan antara PT Aneka Tambang Indonesia, Tbk dengan PT Hartadinata Abadi, Tbk Periode 2022 – 2024

Khayah, Bintaya Zahriati (Unknown)
Pricilla, Olivia (Unknown)
Aritha, Teresia Sri (Unknown)
Ramadhan, Yanuar (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menyajikan analisis komparatif mendalam terhadap kinerja keuangan dua entitas publik terkemuka di Indonesia: PT Aneka Tambang Indonesia, Tbk (ANTM) dan PT Hartadinata Abadi, Tbk (HRTA). Dengan fokus pada periode fiskal 2022 hingga 2024, penelitian ini secara cermat memeriksa laporan keuangan tahunan kedua perusahaan untuk mengungkap tren, kekuatan, dan kelemahan relatif mereka. Pendekatan metodologis yang digunakan melibatkan perhitungan dan interpretasi serangkaian rasio keuangan kunci, dikategorikan ke dalam lima kelompok utama: rasio Likuiditas untuk menilai kemampuan pembayaran kewajiban jangka pendek; rasio Solvabilitas untuk mengukur stabilitas keuangan jangka panjang; rasio Profitabilitas untuk mengevaluasi efisiensi operasional dalam menghasilkan keuntungan; rasio Efektivitas untuk menilai seberapa baik perusahaan memanfaatkan asetnya; dan rasio Pasar untuk memberikan perspektif valuasi saham. Melalui perbandingan sistematis ini, penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih kaya dan nuansa tentang posisi keuangan masing-masing perusahaan, menawarkan panduan berharga bagi investor, analis keuangan, dan pemangku kepentingan lainnya dalam membuat keputusan investasi dan strategis yang terinformasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...