Buku ajar sebagai sumber belajar yang membantu dalam menyampaikan materi secara sistematis, sehingga mahasiswa dapat lebih mudah memahami konsep diajarkan. Namun masih kurangnya ketersediaan buku ajar terutama dalam perencaan pembelajaran anak usia dini yang berbasis terapan nilai islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1.Untuk mengembangkan buku ajar perencanaan pembelajaran anak usia dini berbasis terapan nilai islam; 2. Untuk menguji kelayakan buku ajar perencanaan pembelajaran berbasis terapan nilai islam. Adapaun metode pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode Eddie. Sampel penelitian adalah mahasiswa prodi PIAUD UIN Sumatera Utara. Teknik pengumpupulan data observasi dan angket. Teknik analisi data yaitu uji kelayakan produk. Adapun hasil penelitian yaitu 1. Penelitian ini menghasilkan produk buku ajar pada mata kuliah perencanaan pembelajaran anak usia dini berbasis terapan nilai Islam; 2. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk buku ajar dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan ahli bahasa maka diperoleh dari validator ahli materi PAUD dengan hasil persentase sebesar 90,62% yaitu kriteria sangat layak dan sedangkan hasil penilaian validator ahli media bahan ajar PAUD memperoleh persentase sebesar 90,38 % yaitu kriteria sangat layak.
Copyrights © 2024