Asimetris: Pendidikan Matematika dan Sains
Vol. 2 No. 2 (2021): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA POKOK MATERI FUNGSI KOMPOSISI

mawarni, icut (Unknown)
Kartika, Yessi (Unknown)
Hayati, Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihatĀ  pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis siswa lebih akan lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttes control group design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa X IPA SMA Negeri 1 Bireuen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, kelas yang terambil yaitu kelas X IPA E sebagai kelas ekaperimen yang berjumlah 30 orang siswa dan X IPA F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dengan bentuk soal essay yang terdiri dari tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pokok fungsi komposisi lebih baik dari pada peningkatan pembelajaran materi pokok fungsi komposisi melalui pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Bireuen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asm

Publisher

Subject

Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics

Description

ASIMETRIS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Matematika Universitas Almuslim, sebagai sarana publikasi dari hasil penelitian dosen, penelitian mahasiswa maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pada pengembangan teori, serta aplikasinya terhadap Pendidikan ...