Asimetris: Pendidikan Matematika dan Sains
Vol. 5 No. 2 (2024): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Media Pembelajaran Berhitung Interaktif Menggunakan Augmented Reality

Sriwinar, Sriwinar (Unknown)
Iqbal, Iqbal (Unknown)
Zulkarnaini, Iskandar (Unknown)
Jannah, Miftahul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat merancang media pembelajaran berhitung untuk pendidikan dasar dengan menggunakan Augmented Reality sehingga pembelajaran dapat di akses dengan media komputer, laptop atau smartphone. Metode penelitian ini menggunakan pengamatan atau observasi terhadap informasi yang akan dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi. analisis kebutuhan sistem lalu dilakukan perancangan system dengan menggunakan perancangan sistem aplikasi  dengan Unified Modeling Language (UML).   Hasil dari sistem yang telah dibangun dan dapat membantu pengajar dan peserta didik dalam proses belajar dan mengajar pengenalan angka dan berhitung. Aplikasi yang telah di buat hanya dapat dijalankan dengan marker yang telah ditentukan. Teknik AR dengan metode marker based tracking membutuhkan gambar penanda yang terdeteksi oleh sistem, sehingga dapat menampilkan objek 3D.    

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

asm

Publisher

Subject

Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics

Description

ASIMETRIS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Matematika Universitas Almuslim, sebagai sarana publikasi dari hasil penelitian dosen, penelitian mahasiswa maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pada pengembangan teori, serta aplikasinya terhadap Pendidikan ...