Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis dan bukti empiris pengaruh variabel sustainabilityreporting terhadap nilai perusahaan, untuk menganalisis dan bukti empiris pengaruh variabelmarket value added terhadap nilai perusahaan, untuk menganalisis dan bukti empiris investmentopportunity set memoderasi pengaruh sustainability reporting terhadap nilai perusahaan, untukmenganalisis dan bukti empiris investment opportunity set memoderasi pengaruh market valueadded terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif, denganmenggunakan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi data paneldengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan Eviews 9. Populasi dalam penelitian ini adalahsemua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Non Keuangan periode 2020 – 2022.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan hasil dari890 populasi penelitian menjadi 100 perusahaan dengan tahun pengamatan 3 tahun penelitian,sehingga sebanyak 300 data yang diolah dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwasustainability reporting berpengaruh terhadap nilai perusahaan, market value added tidakberpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, investment oppotunity set memperkuat hubungansustainability reporting dengan nilai perusahaan dan investment opportunity set tidak mampumemperkuat hubungan market value added dengan nilai perusahaan.
Copyrights © 2024