Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat pemahaman mahasiswa yang beradal dari SMK jurusan Akuntansi, SMU jurusan IPS dan MA jurusan IPS tentang konsep dasar akuntansi setelah pemberlakuan IFRS dengan menggunakan variabel Aset, Kewajiban dan Ekuitas. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan menggunakan sampel sebanyak 90 orang mahasiswa Akuntansi S1 Universitas Riau dan UIN Suska Riau yang aktif pada smester III tahun akade mik 2012/2013 dan telah lulus mata kuliah Pengantar Akuntansi 1 dan 2Penelitian ini menggunakan uji beda Kruskal Wallis. D ari tiga variabel yangdijadikan pengukuran perbedaan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap konsepdasar akuntansi yaitu aset, kewajiban dan ekuitas tidak terdapat perbedaanpemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar akuntansi setelah pemberlakuan IFRS.Dari nilai mean rank ketiga variabel maka terlihat bahwa mahasiswa yang berasal dari Madrasah Aliyah lebih memahami konsep dasar akuntansi dibandingkan mahasiswa yang berasal dari SMK dan mahasiswa yang berasal dari SMA
Copyrights © 2014