Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 2 (2024): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Analisis Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 19 Petang Tegal Alur

Mustika, Wina Lestari (Unknown)
Rosyid, Ainur (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 19 Petang Tegal Alur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selanjutnya untuk mendapatkan kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)  Guru yang profesional harus meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar di sekolah untuk keberhasilan dan peningkatan mutu Pendidikan, (2)  Pembelajaran daring yang dikemas dengan menarik oleh guru dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk mempelajari materi yang disampaikan, (3) Kendala guru dalam proses pembelajaran adalah siswa kesulitan dalam memahami materi, kurangnya partisipasi dan dukungan orang tua, guru kesulitan dalam menyampaikan materi, guru kesulitan dalam memantau perkembangan siswa, (4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi adalah dengan melakukan komunikasi dengan orang tua, komunikasi dengan siswa, memberikan kemudahan untuk siswa, memaksimalkan penggunaan media pembelajaran dan waktu yang disediakan dalam pembelajaran daring, dan keterbukaan dengan pemerintah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA merupakan kegiatan pembelajaran yang menerapkan guru untuk terampil dalam memanfaatkan metode dan media yang bervariasi yang disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari agar siswa mendapatkan minat belajar dan memiliki motivasi untuk belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukasitematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar adalah jurnal ilmiah yang menerima dan menerbitkan artikel hasil penelitian (research article) yang berfokus pada isu-isu terkini dalam praktik pendidikan, pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam konteks pendidikan sekolah dasar. Jurnal ini ...