Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 1 No. 03 (2021): Artikel Riset Edisi Desember 2021

Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Fisika Secara Daring Menggunakan Virtual Laboratorium

Ambar Shinta Hapsari (Unknown)
Ilham Rizki Fatur Rohim (Unknown)
Qatrunnida Fatimatu Zahrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Latar belakang: Wabah Covid-19 mengubah seluruh aktivitas masyarakat, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring, hal tersebut memunculkan tantangan tersendiri agar terciptanya kegiatan pembelajaran yang efektif. Penggunaan virtual lab menjadi solusi untuk pembelajaran fisika agar berjalan secara efektif, walau dilakukan secara daring. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan virtual lab pembelajaran fisika. Metode penelitian: Metode yang digunakan adalah meta analisis, dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel jurnal dengan tema topik yang sama. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keefektifan hasil pembelajaran dengan menggunakan virtual laboratorium untuk pembelajaran fisika pada masa pandemi. Kesimpulan: Disimpulkan bahwa penggunaan media virtual lab pada pembelajaran fisika efektif pada masa pandemi. Efektivitas penggunaan virtual lab dibuktikan dengan meningkatnya minat belajar dan motivasi siswa. Hal tersebut berdampak juga pada hasil belajar yang meningkat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...