Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 2 No. 01 (2022): Artikel Riset Edisi April 2022

Penerapan Model Team Assisted Individualization dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 84 Lubuklinggau

Sukirno, Sukirno (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Dari observasi di kelas dan beberapa anak di sekolah bahwasannya kegiatan belajar mengajar, interaksi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar hanya satu arah dan monoton yakni dari guru saja sehingga mudah bosan dan tidak konsentrasi dalam belajar. Penyampaian materi disini pengantarnya menggunakan ceramah, tidak ada kegiatan diskusi di kelas, sehingga aktifitas siswa terbatas dalam mencatat materi yang di jelaskan guru, mengerjakan tugas dari guru dan sesekali menjawab pertanyaan dari guru bila di tunjuk untuk bertanya. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Didalam pelaksanaan ini mengacu kepada rancangan beberapa siklus I dan II meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat ditarik simpulan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses Kerjasama Regional Asia Tenggara (ASEAN), peningkatan ini terlihat dari hasil belajar siswa pada prasiklus siswa tuntas sebanyak 10 orang (55,56%) meningkat pada siklus 1 sebanyak 12 orang (66,67%) dan pada siklus meningkat menjadi 17 orang (94,44%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...